Sunday 26 January 2014

Motifasi untuk lulus UN 100%


     Hay sahabat D_Gal, saya mau bertanya nihh. Sahabat D_Gal disini ada yang masih sekolah SD, SMP dan SMA atau sedarajat tidak??? Jika ada saya mau sedikit memberikan motifasi untuk kalian semua yang sebentar lagi akan menghadapi Ujian Nasional atau UN.

     Ujian Nasional merupakan momok yang menakutkan untuk kita semua. Benar, UN merupakan titik akhir dari perjuangan kita dalam suatu tingkatan pendidikan. Banyak sekali anak - anak Indonesia yang khawatir dengan datangnya UN tersebut. Saya disini akan memberikan motifasi atau pencerahan kepada kalian semua. Agar lebih tau seluk beluk Ujian Nasional. Simaklah motifasi berikut ini.


A. Lulus atau Tidak Lulus

     Sebenarnya dalam soal UN gampang - gampang susah atau SMS (sulit mudah sedang), tetapi jika kalian belajar dengan sungguh-sungguh sesuatu yang sulit akan lebih mudah.

     Okk .. kita sekarang membahas tentang L (Lulus) atau TL (Tidak Lulus). Baik pra atau pasca UN pasti kita berfikiran bagaimana status kita nanti, LULUS atau TIDAK LULUS???

a) Lulus

Hal yang membuat kita senang setengah mati adalah kata LULUS. Iyya, semua orang pasti menginginkan dalam melakukan sesuatu hal selalu mendapat hasil yang baik, begitu juga UN pasti semua orang mengingikan lulus. Bahkan beberapa pelajarpun mengatakan seberapapun DANEM yang didapat tak masalah, yang penting itu lulus !!??? Coba kita utak utik kata-kata tersebut, 'Seberapapun DANEM yang didapat yang penting lulus', coba kita perhatikan kata tersebut ?? Iyya, jika kita lulus dengan DANEM yang baik kita bisa melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. Lantas Jika tidak??? benar kita lulus tapi jika mendapat DANEM yang sangat turun, mau meneruskan ke mana????? percuma kita lulus tapi tidak melanjutkan. Sudah mengerti kan?? Baiklah, mulai sekarang mari kita ubah prinsip tersebut menjadi "LULUS HARUS DENGAN DANEM YANG BAIK DAN BERMANFFAT" itu baru orang yang memiliki akhlaq yang luhur.
Kita kembali ke kata lulus. Bagaimana perasaan kalian, kesenangan kalian, sujud syukur, betapa beraninya kalian memberitahu orang tua. Pasti kita sangat PDnya. tapi ingat !! Untuk mendapat surat dengan kata lulus tidak mudah. Kita harus mati-matian dengan sekolah yang rajin, ikut bimbel ini itu, belajar di rumah dengan giat. Jika kita sudah berusaha semaksimal mungkin, insyaallah kata lulus itu didapat dengan nilai juga dengan memuaskan.


                                                       (ekspresi kita saat kita lulus nanti)


b) Tidak Lulus

Mendengar kata ini saja kalian sudah tidak mau, apalagi itu terjadi pada pada kalian sendiri??? Pasti tidak mau kan?! Untuk itu kalian harus rajin dan bersungguh sungguh. Ingat, dalam UN sering terjadi, pelajar yang Puintaar sekalipun bisa TIDAK LULUS!! Apalagi jika kalian itu *maaf bisa dikatakan tidak pintar/tidak pintar dan tidak bodoh/tengahtengah. Jadikan itu sebagai cambuk bagimu, agar kamu takut, dan menjadi orang yang sangat rajin dan jangan lupa berdo'a.
Ok .. Kita kembali dalam kata Tidak Lulus. Kita renungan, bagaimana perasaan kalian nanti jika Surat dengan kata Tidak Lulus ditujukan kepada kalian????? Bagaimana perasaan kalian, nasib kalian, malunnya kalian terhadap orang tua dan orang'' disekitar kalian??? Kalian bisa renungkan sendiri. Bagaimana jika itu terjadi. nasib memang ditangan tuhan, tapi jika kita berusaha maka kita dapat memperoleh hasil yang baik.


              (masih bisa tertawakah kalian jika sahabat kalian atau diri kalian sendiri jika tidak lulus nanti)

     Sekarang tinggal kalian yang memilih, kalian mau LULUS atau TIDAK LULUS. Jika ingin lulus berusaha semaksimal mingkin mulai sekarang, dan jika ingin tidak lulus pasti kalian tahu bagaimana carannya. ?!!


B. Solusi Dalam Menghadapi Ujian Nasional

Tujuan Ujian Nasional Pertama, menilai pencapaian kompetensi lulusan secara nasional pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Kedua mendorong tercapainya target wajib belajar pendidikan dasar yang bermutu. Sedangkan hasil UN digunakan sebagai salah satu pertimbangan untuk : pemetaan mutu satuan pendidikan, dasar seleksi masuk jenjang pendidikan berikutnya, penentuan kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan, dan dasar pembinaan dan pemberian bantuan kepada satuan pendidikan dalam upaya peningkatan mutu pendidikan.

Karena itu dalam menghadapi Ujian Nasional perlu beberapa tips yang  dapat membantu mengerjakan soal-soal. Beberapa hal yang menjadi tips cara  sukses bagi pelajar  dalam menyiapkan Ujian Nasional  adalah:

a.   Kuasai Materi Pelajaran, dengan pelajari materi apa yang akan diujikan, belajarlah dengan menggunakan teori-teori singkat yang mudah dipahami, dimengerti dan diingat dalam waktu cepat serta pelajari soal-soal Ujian Nasional sebelumnya, lalu bandingkan satu atau dua tahun terakhir dengan indikator yang akan keluar.

b.   Siapkan mental dan fisik, dengan kesiapan mental yang kuat maka saat melaksanakan Ujian Nasional,  pelajar akan menghadapinya dengan tenang, percaya diri, dan tidak dalam kondisi yang takut atau stress

kondusif agar anak terhindar dari suasana tekanan.

c.   Tingkatkan motivasi belajar, dalam menghadapi Ujian Nasional sangat ditentukan oleh tinggi rendahnya motivasi pelajar dalam mempersiapkan diri. Pelajar akan memiliki semangat  belajar yang dahsyat manakala memiliki motivasi yang kuat dan hebat

d.   Siapkan keterampilan teknis

Keterampilan teknis yang dimaksud adalah siswa dibekali tidak hanya menguasai materi dan kesiapan mental juga harus menguasai keterampilan teknis lainya, antara lain :

1)   Keterampilan mengerjakan lembar jawaban computer

Ujian Nasional tahun 2011 diprediksi masih menggunakan lembar jawaban komputer dengan sistem silang. Keterampilan menjawab soal melalui Lembar Jawaban ini juga sangat menentukan hasil Ujian Nasional pelajar.

Misalnya apabila pengisian biodata salah, penomoran peserta salah termasuk cara memberi silang dan menghapus jawaban yang diganti ikut menentukan hasil Ujian Nasional pelajar. Oleh karena itu tips untuk keterampilan ini adalah selalu mengikuti kegiatan-kegiatan try out secara rutin.

2)   Keterampilan menjawab soal-soal

Keterampilan teknis ini sangatlah penting untuk dikuasai pelajar dalam menjawab soal-soal Ujian Nasional. Menguasai keterampilan menjawab soal ini dimaksud agar pelajar dapat mengerjakan soal-soal dengan cepat, tepat dan benar dalam waktu yang singkat, sehingga waktu yang tersedia selama 120 menit dapat dimanfaatkan bukan hanya mengerjakan soal tetapi juga sampai pada pemeriksaan dan pengerjaan ulang soal Ujian Nasional.

Bagian yang sangat penting untuk menyiapkan siswa sukses UN adalah dengan tetap berdoa karena sesungguhnya manusia itu hanya berusaha dengan semaksimal mungkin dan keputusan akhir yang paling menentukan adalah kekuasaan Tuhan  Yang Maha Esa.


Sekian motifasi sari saya, semoga motifasi tersebut dapat membuat kita menjadi lebih giat belajar. Ok.. Tunggu motifasi yang bermanfaat dari saya hari depan. Jangan lupa tinggalkan komentarmu. :))

0 comments:

Post a Comment

Untuk semua sahabat D_Gal , mohon berkomentar dengan :
- Bahasa yang baik dan mudah dimengerti.
- Jika mau sharing, pakai lah bahasa yang umum , agar para sahabat D_Gal yang lain bisa menjawab.
- Dilarang berkomentar dengan bahasa yang jorok, tidak sopan dan kasar !!

Jadilah Seseorang yang mempunyai BUDI PEKERTI LUHUR :)