Wednesday 16 July 2014

Benarkan Imsyak hanya ada di Indonesia ???

Assalamualaikum Sahabat 'D_Gal, bertemu lagi nihh sama saya. Ok berhubung bulan ini bulan ramadhan, saya akan posting yang berbau - bau ramadhan.

Sahur merupakan hal wajib seorang muslim untuk melaksanakan Puasa. Sahur biasanya diakhiri dengan kumandangnya Imsyak. Tau kan Imsyak?? Imsyakiyah atau Imsyak merupakan suatu seruan untuk kita berhenti makan dan minum. Tapi, apakah Imsyak hanya di Indonesia ?? Apakahh Ada hadis yang menjelaskan tentang waktu Imsyak ?? Mari kita simak penjelasan berikut.

Di beberapa hadis ternyata tidak ditemukan tentang membahas Imsyak. Imsyak sebenarnya adalah tradisi di Indonesia. Imsyak biasanya berkumandang 10 menit sebelum adzan Subuh. Imsyak itu bagaikan lampu kuning pada lampu lalu lintas. Sebagai seruan/pertanda bahwa waktu Subuh/Dimulainya puasa akan segera datang. Lalu bagaimana hukumnya makan di waktu Imsyak ???

Seperti firman Allah "Dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar". (QS. Al-Baqarah 178). Adapun pemberitahuan imsak yang biasa dikumandangkan beberapa menit menjelang saat Shubuh itu hanya peringatan agar kita segera mengakhiri aktifitas apa saja yang membatalkan puasa (makan-minum, bersetubuh, dll). Pemberitahuan imsak ini memang sangat diperlukan karena akan sangat sulit bagi kita untuk berhenti dari makan misalnya seketika saat mendengar adzan Shubuh. Jadi misal saja jarak antara imsak dan adzan Shubuh itu sekitar 10 menit, padahal nasi di piring tinggal 2 cendok, tak apa-apa habiskan saja 2 cendok itu lantas segera minum dan membersihkan mulut dari sisa-sisa makanan. Karena waktu 10 menit itu cukup untuk menghabiskan 2 sendok, minum dan membersihkan mulut.

Apakahh Imsyak hanya ada di Indonesia ??
Imsyak sebenarnya bukan hanya di Indonesia. Imsyak juga di tradisikan di Malaysia dengan waktu 10 menit sebelum Subuh, juga di Mesir dengan waktu Imsyak 20 menit sebelum Subuh.

Baiklah, sekian posting saya tentang tema Ramadhan pada kesempatan ini. Jika ada kurang lebihnya saya minta maaf. Semoga postingan saya kali ini bermanfaat bagi kalian semua. Dan jangan lupa tinggalkan komentar :)

"D_Gal~poenya" #Tanya_SuperDuper

1 comments:

  1. ternyata benar gan,,imsyak itu ada di indonesia aja..
    http://www.pelangsingherbalwscbiolo.com/2015/09/obat-pelangsing-yang-aman.html
    http://www.pelangsingherbalwscbiolo.com/2014/09/pelangsing-wsc-biolo-terbukti-khasiatnya.html
    http://www.pelangsingherbalwscbiolo.com/2014/10/obat-pelangsing-herbal.html
    http://www.pelangsingherbalwscbiolo.com/2014/12/cara-mendapatkan-tubuh-langsing.html
    http://www.pelangsingherbalwscbiolo.com/2015/03/0852-2315-1515-t-sel-pelangsing-herbal.html
    http://www.pelangsingherbalwscbiolo.com/

    ReplyDelete

Untuk semua sahabat D_Gal , mohon berkomentar dengan :
- Bahasa yang baik dan mudah dimengerti.
- Jika mau sharing, pakai lah bahasa yang umum , agar para sahabat D_Gal yang lain bisa menjawab.
- Dilarang berkomentar dengan bahasa yang jorok, tidak sopan dan kasar !!

Jadilah Seseorang yang mempunyai BUDI PEKERTI LUHUR :)